Manfaat Susu Kedelai Untuk Ibu Hamil



Bagi Kita kaum perempuan khususnya yang sedang hamil dalam trisemester pertama, sangat dianjurkan untuk meminum susu bagi kehamilan. Selain, mengkonsumsi makanan yang bergizi dan vitamin – vitamin prenatal lainnya, susu adalah salah satu sumber utama bagi kesehatan ibu dan janin.

Namun, tidak semua ibu hamil senang mengkonsumsi susu kehamilan yang banyak terdapat di swalayan atau toko – toko terdekat. Biasanya, mereka mengeluhkan rasa mual dan rasa tidak enak ketika mengkonsumsi susu kehamilan. Kali ini, ada solusi lainnya yang dapat membantu ibu hamil dalam memenuhi kebutuhan gizinya terutama susu yakni dengan mengkonsumsi susu kedelai sebagai pengganti susu sapi atau susu kehamilan.

Menurut penelitian yang telah dilakukan selama bertahun-tahun, susu kedelai dipercaya juga mengandung banyak sekali nutrisi khususnya nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu hamil. Susu kedelai juga sangat cocok untuk ibu hamil yang alergi terhadap lactosa (biasa dikenal sebagai kondisi lactose intolerant).


Berikut Beberapa Kandungan Yang Terdapat Dalam Susu Kedelai: 
  1. Protein : Berguna untuk pertumbuhan janin, perbaikan jaringan yang rusak, mengoptimalkan pertumbuhan organ pada janin, memelihara fungsi organ-organ pada ibu hamil, serta menambah imunitas (daya tahan) tubuh. Protein pada susu kedelai tersusun oleh sejumlah asam amino penting (lesitin, arginin, lisin, glisin, niasin, leusin, isoleusin, treonin, triptofan, fenilalanin). 
  2. Asam Folat Banyak terdapat pada sayuran hijau serta kacang-kacangan. Asam folat berguna untuk meningkatkan pertumbuhan sel-sel syaraf pada janin (sangat diperlukan pada persiapan kehamilan dan kehamilan trimester 1). 
  3. SeratBerguna untuk kelancaran sistem pencernaan dalam tubuh. Sistem pencernaan yang tidak lancar akan mempengaruhi metabolisme tubuh dan zat-zat gizi pada ibu hamil yang dapat berakibat langsung pada perkembangan janin. 
  4. Lemak : Nabati sebagai cadangan lemak yang baik untuk tubuh ibu hamil dan janin. 
  5. Karbohidrat : sebagai sumber energi untuk tubuh. 
  6. Vitamin A : Biji kedelai mengandung karoten, yang merupakan bahan dasar vitamin A, membantu kelancaan fungsi organ penglihatan dan pertumbuhan tulang pada janin. 
  7. Vitamin E : Meningkatkan profil kesuburan, bisa mencegah keguguran, dan penyakit jantung kardiovaskuler, meningkatkan produksi air susu, dan juga memiliki fungsi sebagai antioksidan. 
  8. Vitamin B & B1 atau yang sering disebut Thiamine : sangat berperan dalam reaksi-reaksi dalam tubuh yang menghasilkan energi untuk kelancaran moms dalam beraktifitas sehari-hari. Vitamin B2, disebut juga flavin, merupakan pigmen yang banyak terdapat pada susu, baik susu sapi, ASI, maupun susu kedelai. 
  9. Kalsium : Salah satu mikro mineral yang berguna bagi tubuh manusia. 99% dari kalsium dapat ditemukan pada tulang dan 1% dialirkan pada selaput cair, di dalam struktur sel dan selaput sel. Fungsi kalsium cukup penting, apalagi di masa kehamilan, yaitu untuk pertumbuhan tulang janin. 
  10. Isoflavon : Ikatan sejumlah asam amino dengan vitamin dan beberapa zat gizi lainnya dalam biji kedelai ada yang membentuk flavonoid. Dan salah satu jenis flavonoid yang sangat banyak terdapat pada biji kedelai dan amat bermanfaat bagi kesehatan adalah isoflavon. Isoflavon diantaranya berperan mempercepat metabolisme, melancarkan pencernaan, meningkatkan sistem imunitas, memperkuat struktur matriks tulang, meningkatkan fungsi kognitif, dan lain-lain.

Tidak ada komentar