Pantangan Ibu Hamil


Bila anda adalah seorang ibu hamil maka anda perlu memperhatikan hala berikut di bawah ini, ibu hamil ternyata juga memiliki pantangan baik dalam hal makanan ataupun kegiatan . Tahukah anda makanan yang dimakan ibu hamil dapat mempengaruhi kondisi janin dalam kandungan dan ibu itu sendiri , selain makanan ada juga kegiatan yang sebaiknya tidak dilakukan oleh ibu hamil, apakah itu? berikut penjelasan baik pantangan ibu hamil dalam makanan dan juga kegiatan:

Makanan Pantangan Untuk Ibu Hamil

  1. Makanan yang masih mentah, contohnya sushi, seafood, daging dan juga unggas mentah lainnya karena memiliki resiko terkontaminasi olehbakteri coliform, salmonella dan juga parasit toksiplasmosis. Sedangkan jika anda ingin mengkonsumsi lalapan atau salad mentah sebaiknya anda pastikan terlebih dahulu bahwa sayuran sudah anda cuci bersih.
  2. Hindari bahan makanan telur mentah atau makanan yang memiliki kandungan telur mentah seperti mayonnaise, eggnog yang tidak dipasteurisasi atau saus Hollandaise karena memiliki resiko terkontaminasi salmonella.
  3. Ikan yang mempunyai kandungan kadar merkuri tinggi di jaringan lemaknya contohnya hiu, todak, king mackerel dan tilefish karena dapat menyebabkan gangguan pada saraf dan penundaan perkembangan janin. Selain itu batasilah asupan ikan yang memiliki kadar merkuri sedang contohnya tuna, lobster dan ikan trout laut.
  4. Hindarilah mengkonsumsi Alkohol , karena dapat meningkatkan risiko keguguran dan juga kelahiran prematur. Peminum alkohol berat mempunyai kaitan erat dengan fetal alcohol syndrome yang mencakup wajah cacat, IQ rendah, keterbelakangan mental, koordinasi buruk dan juga perilaku agresif.
  5. Kafein, ibu hamil lebih baik membatasi asupan kafein karena bahan kafein bisa melintasi plasenta dan meningkatkan denyut jantung serta mempengaruhi pernapasan janin. Selain itu kafein juga bisa mengurangi penyerapan zat besi yang secara teoritis bisa memicu anemia.
  6. Mengonsumsi makanan secara sembarangan, karena mempunyai resiko menyebabkan keracunan makanan yang bisa menyebabkan masalah serius pada kehamilan dan janin.

Kegiatan Pantangan Ibu Hamil :

  1. Merokok, karena dapat menularkan nikotin dan juga meningkatkan resiko kanker pada bayi. Selain itu merokok juga bisa meningkatkan risiko keguguran, kelahiran prematur dan juga kematian pada bayi.
  2. Zat beracun dan juga bahan kimia seperti pembersih rumah tangga yang mempunyai kandungan timbal, menggunakan merkuri sebagai zat pelarut, insektisida dan juga cat.
  3. Mengkonsumsi obat sembarangan, beberapa obat diketahui tidak diperbolehkan untuk dikonsumsi ibu hamil karena dapat menimbulkan reaksi yang dapat membahayakan janin. Mintalah petunjuk dokter bahkan untuk obat yang dijual bebas.
  4. Membersihkan kandang kucing atau anjing karena memiliki resiko toksoplasmosis yang bisa berbahaya bagi janin.
  5. Mandi sauna, karena temperatur yang tinggi merusak merusak bayi dalam kandungan dan juga menyebabkan ibu hamil pingsan.
  6. Menggunakan pembersih alat kelamin wanita, ibu hamil diharuskan menghindari semprotan atau cairan pembersih karena kemungkinan dapat mempengaruhi kondisi alat kel*min yang dapat meningkatkan risiko infeksi pada saluran kandung kemih atau infeksi jamur.
  7. Menggunakan sinar X-ray, jika ibu hamil diharuskan melakukan tes diagnostik atau pemeriksaan gigi dengan sinar X-ray sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter sehingga dapat lebih berhati-hati dalam pengerjaannya.
  8. Mengangkat barang berat, karena dapat meningkatkan tekanan pada bagian punggung yang dapat menyebabkan risiko. Jika otot punggung dalam keadaan lemah dan perut sudah membesar sebaiknya minta bantuan orang lain untuk mengangkatnya.
  9. Mewarnai rambut, karena dapat meningkatkan risiko neuroblastomayaitu salah satu jenis kanker yang umum pada anak. Selain itu American Pregnancy Association juga menuturkan sedikit pewarna yang bersentuhan dengan kulit bisa diserap tubuh dan masuk ke dalam aliran darah.

Tidak ada komentar